Home » » Membuat tulisan bergerak dengan HTML

Membuat tulisan bergerak dengan HTML

icon html
Bagi teman-teman yang baru belajar html, saya akan berbagi tips sedikit tentang html. Pada tulisan ini saya ingin membuat tulisan bergerak/berjalan. Dalam perintah html sudah tersedia caranya, kita hanya perlu menyisipkan code ini : <marquee>TEXT</marque>.

Dengan menaruh perintah tersebut secara otomatis tulisan kita akan bergerak dari kanan kekiri secara horizontal. cukup mudah bukan ???

Selain itu kita juga bisa menambahkan attribut bawaan. Ini adalah contoh attribut bawaan yang bisa kita tambahkan kedalam marquee ::

  • direction : digunakan untuk mengubah arah. Pada attibut ini kita bisa memberi nilai : up membuat tulisan menjadi bawah ke atas, down : tulisan menjadi atas kebawah, left : tulisan dari kanan ke kiri, right : sebaliknya dari kiri ke kanan.
  • scrollamount : gunanya untuk mengatur lompatan karakter pada tiap gerakan. Nilai 1 minimal yang bisa kita berikan pada attrbut ini, semakin tinggi nilai yang kita beri semakin besar jarak lompatannya menuju garis finish.
  • scrolldelay : untuk mengatur kecepatan gerak. Attribut ini juga minimal nilai yang diberikan adalah 1. semakin tinggi semakin cepat gerakannya.

Bagi teman-teman yang bingung dengan penjelasan scrollamount dan scrolldelay saya akan berikan contohnya ::


 
  <marquee scrollDelay="10" scrollamount="3" direction="right">Hello Word</marquee> 


Hasil tampilan Code diatas ::


Hello Word


Masih bingung dengan contohnya ?? saya akan berikan contoh yang lain lagi ::
 
  <marquee scrollDelay="20" scrollamount="10" direction="right">Hello Word</marquee> 

Hasil tampilan Code diatas ::


Hello Word


Dari kedua contoh diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa perubahan kombinasi nilai scrollamount dan scrolldelay sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan halus tidaknya pergerakan objek.

5 comments: