Home » , » Pelatihan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis IT

Pelatihan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis IT

workshop di mapenda
Terus berkembangnya teknologi saat ini memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khusus dalam proses pembelajaran.

Teknologi infomasi dan komunikasi (TIK) menjadi pemicu berubahnya prilaku guru dalam belajar mengajar di kelas.

Guru-guru di tuntut untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran agar cara pemberian materi dikelas lebih efektif.

Efek perubahan prilaku mengajar ini terjadi di seluruh Indonesia khususnya Kalimantan Selatan. Guru SMP Pendidikan Agama Islam mengikuti Workshop " Pembuatan Media Pembelajaran dan Evaluasi Berbasis IT GPAI SMP Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2013" bertempat di Jl. A. Yani km 5 komplek Banjar Indah Permai gedung MAPENDA Banjarmasin.

Pesertanya berjumlah kurang lebih 40 orang, di pilih dari kabupaten-kabupaten. Mereka semua dengan serius memperhatikan materi-materi yang di sampaikan oleh Narasumber.Pelatihan TIK

Narasumber memperkenalkan Aplikasi "Pusat Sumber Belajar" yang di kembangkan oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalsel. 

Aplikasi terbut bertujuan untuk memudahkan para guru untuk mengajar. Di dalam aplikasi guru dapat upload bahan ajar, materi, RPP dan Silabus. Jadi dengan Aplikasi tersebut semua kegiatan mengajar di kelas dapat terekam dan siswa bisa mengambil/mengunduh bahan ajar yang di berikan oleh gurunya. 

Dalam Aplikasi tersebut juga ada diperkenalkan kelas maya/Virtualclass. Dengan memanfaatkan fitur tersebut guru bisa membuat kuis/soal-soal. Bahkan kita bisa mempergunakannya untuk membuat soal-soal ulangan. Dan hasil Nilai saat siswa menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru terekam di aplikasi.

Dengan Aplikasi tersebut, saat siswa tidak lulus menjawab soal kita bisa mensettingnya untuk Remedial. Kita bisa juga mengatur tanggal dan waktu untuk kuis/soal-soal yang kita buat.

Mudah-mudahan dengan memanfaatkan Aplikasi "Pusat Sumber Belajar" Pendidikan Di Kalimantan Selatan akan terus meningkat.

Salam Hangat


Roy Purbo

5 comments: